Jumat, 07 Januari 2011

Outing dengan clodi?? (ternyata) ga masalah! :D


Saya menggunakan clodi untuk Raasyid sejak ia berumur sekitar 3 minggu. Waktu itu frekuensi pup raasyid sudah jauh berkurang dibanding waktu baru lahir, kira-kira sekitar 3x/hari. Saat ini Raasyid sudah berumur 4 bulan. Itu artinya saya sudah sekitar 3 bulan menggunakan clodi untuk Raasyid. Tapiii, sampai sekitar setengah bulan yang lalu saya masih berpikir ‘clodi itu untuk pemakaian sehari-hari saja, kalau berpergian yaa harus balik lagi pake popok sekali pakai (pospak). Habis kan repot banget kalau pake clodi. Clodi kotornya harus kita bawa pulang lagi. Belum lagi kalau Raasyid pup, haduuh, ntar baunya kemana-mana deh! -_-‘ itu ‘prasangka’ saya selama kurang lebih 3 bulan belakangan.

Ketika sempat membawa Raasyid ke rumah nenek-kakeknya di Bandung, saya masih belum berani untuk menggunakan clodi. Padahal nginep lhoo, dan ada mesin cuci pula, tapi tetep aja ga PeDe -_-‘’
Walaupun beberapa clodi sudah dibawa, tapi akhirnya yang lebih sering dipakai adalah si pospak. Hm,hm,hm… Nambah-nambahin sampah bandung aja yah??

Ketika ada seorang teman—yang hendak beralih ke clodi—bertanya kepada saya pun, saya membagi ‘prasangka’ saya tersebut kepadanya.
Teman  : “Teh, kalau pakai clodi, apakah tidak perlu beli pospak lagi?”
Saya      : “Hmm, kayanya masih perlu deh. Soalnya kalau pergi-pergi mah repot kalau bayinya pup. Tapi setidaknya (kalau kita pakai clodi) bisa mengurangi sampah pospak lah..”
Hoho, padahal pikiran saya itu tidak berdasar. Kenapa tidak berdasar? Karena saya belum mencobanya. Bukan berdasarkan pengalaman, hanya berdasarkan asumsi, hee…

Suatu hari saya ngobrol dengan teman saya yang lain lagi. Dia ini kakak kelas saya semasa kuliah dan sudah berkecimpung di dunia per-clodi-an (halah bahasanya) lebih dari satu tahun. Awalnya saya baca-baca note-nya di facebook. Isinya tentang clodi semua, hehe. Saya tertarik dengan pernyataan
“Outing without disposable diaper, and also without expensive cloth diaper. Kalo rembes piye?? Hmm.. blm pernah ngalamin. Tapi kan ada wetbag. Kalopun rembes ya ganti aja popoknya. Gitu aja kok repot.”
Nah lo, jadi pikiran saya selama ini salah dong??? Dan ternyata, yang udah nyoba outing menggunakan clodi itu ga sedikit lho… hmm, karena penasaran, jadilah saya bertanya pada ‘sang ahli’
Saya      : “Apa sih tips outing dengan clodi?”
Teman    : “ga ada tips aneh aneh, cukup bawa perlengkapan standar plus wet bag:) Aku jg gak full time kalo outing pake popok kain kok. Kalau jarak dekat aja. Hanya saja kalau utk keluar, lebih aman pakai popok PUL dan insert pasangannya”

Setelah obrolan itu, saya mulai memberanikan diri untuk outing dengan clodi. Setidaknya dimulai dari meyakinkan diri sendiri bahwa outing dengan clodi bukan sesuatu yang ‘mustahil’. Tanggal 25 Desember 2010 adalah kali pertama kesempatan itu datang: jalan-jalan menggunakan clodi :D
Waktu itu Raasyid diajak ke pertemuan alumni salman ITB di daerah Jakarta selatan. Ceritanya mau dipamer-pamerin ke teman-teman kakek neneknya ^^. Menurut sang kakek, pertemuannya kira-kira dari jam 10 sampai sebelum ashar. Dan mulailah saya dan suami me-list perlengkapan yang dibutuhkan.

Kami menyiapkan empat buah clodi ber-PUL dengan masing-masing double insert. Ini untuk mengantisipasi pipis Raasyid yang buanyak banget plus kemungkinan pup sekitar 1-2x. Hm, empat buah untuk berpergian selama kurang lebih 6 jam mungkin terdengar berlebihan, tapi lebih baik lebih daripada kurang kan? Hehe.. (jumlah ini mah sangat sangat tergantung bayi, ga bisa dipukul rata. Jadi asal udah tau kebiasaan pipis dan pup bayi kita, tentu akan lebih mudah menghitung kebutuhan clodinya. Menurutku lho yaa :D)

Selanjutnya adalah kantong plastik. Kok kantong plastik?? Soalnya saya ga punya wetbag, dan cenderung malas membeli wetbag, hehe. Akhirnya alternatifnya pakai kantong plastik yang agak tebal. Yang juga penting untuk Raasyid adalah kapas atau kain untuk membersihkan pipis/pup. Ini penting karena kulit Raasyid sangat sensitif jadi ga bisa pake tisu basah. Karena kemarin perginya ke rumah orang, jadi yang kami bawa hanya kapas kering. Kalau untuk outing ke tempat-tempat umum, harus bawa kapas basah yang ditempatin di wadah kedap biar airnya ga keleceran ^^

Rasanya itu aja ya persiapan khususnya. Karena yang lain-lain mah sama aja seperti kalau kita pergi-pergi bawa bayi: baju dan celana ganti, jaket, dan alas ompol, handuk kecil untuk ngeringin pantat bayi, dan andalan Raasyid: Minyak Zaitun, hehe, ini mah biar kulit sensitifnya Raasyid bebas ruam. Repot?? Sama sekali engga tuh, soalnya bawaannya cukup satu tas kecil sajah. Tas kecil ini mah udah bawaan standar: ada/tidak clodi, bawaannya pasti sebesar tas itu :D


Dan berangkatlah sang kakek, nenek, ayah, bunda, dan si kecil Raasyid ke tempat pertemuan. Bismillah…
Saya mengganti clodi yang Raasyid pakai kira-kira setelah 3 jam pemakaian, yaitu saat Raasyid bangun dari tidur lelapnya ^^, dan ternyataaa, dia pup :D
Setelah saya membersihkan Raasyid, saya lipat si clodi kotor tadi seperti melipat pospak yang akan dibuang. Setelah itu,, saatnya kantong plastik beraksi! Hehehe… Biar ga lupa, si kantong plastik berisi clodi kotor tadi saya simpan di bagian pinggir tas. Alhamdulillah, ternyata baunya ga kemana-mana tuh :D

Walhasil sampai pulang kira-kira jam setengah 3 Raasyid Cuma perlu clodi 2 buah, tanpa bau, tanpa repot, dan tanpa keluar uang buat pospak pastinya, hehehe..
Jadi, outing dengan clodi?? (ternyata) ga masalah tuh! :D

3 komentar:

  1. aslm ummu Raasyid,,,,

    waa,,,ka puti sempet juga nulis2 di blog,,,,hebat,,,,hehehe
    semerter ini lanjut kuliah ato lanjut cuti k???

    hum,,cuman mo ngasih saran sesuai pengalaman...
    klo masih seusia raasyid sekarng (4bln) emang pupnya blm bau....tapi ntr klo udah makan dah beda lagi k..so, klo stlah usia 6bln keatas, klo klwr rumah dngan waktu yg relatif lma baiknya bwa pospak aj buat antisipasi ,,,ya buat jaga2 gitu,,,

    BalasHapus
  2. see http://gerairaasyid.blogspot.com/2011/03/aksesoris-clodi.html

    BalasHapus
  3. Ever wanted to get free YouTube Views?
    Did you know you can get them ON AUTOPILOT & ABSOLUTELY FREE by registering on Like 4 Like?

    BalasHapus