Selasa, 08 Februari 2011

Berapa Jumlah Clodi yang Saya butuhkan????


Berapa sih jumlah clodi yang kita butuhkan supaya bisa full clodi?
karena banyak yang nanya soal ini, saya coba share pengalaman saya menggunakan clodi selama 4 bulan ini ya..

saya mengganti clodi tiap 3-4jam sekali. Alasannya sederhana, supaya kulit anak saya tetap sehat. Kasihan ya anak kita jika kita bela-belain memakaikan clodi dalam waktu yang panjang hanya karena capek mencuci, atau malas mengganti. Kita aja para ibu udah risih kalau pas haid ga ganti-ganti pembalut xp

oke, balik lagi ke jumlah clodi, karena saya ganti tiap 3-4 jam, saya butuh clodi sekitar 6 - 8 buah clodi per harinya. Dengan frekuensi cuci 1x/hari, yang dilakukan pada pagi hari, artinya saya butuh cadangan kira-kira 4 buah clodi untuk dipakai esok harinya, sambil menunggu kering clodi yang telah dicuci.

Jika matahari sedang bersahabat, biasanya clodi yang pagi hari dicuci sudah kering dan siap pakai pada siang harinya. Jikapun mendung, sore biasanya juga sudah kering. Tapi dengan catatan dikeringkan dengan mesin pengering ya.. Kalau dijemur biasa pasti butuh waktu lebih lama untuk kering :)

Berapa jumlah insert yang dibutuhkan? Karena Raasyid termasuk bayi yang pipisnya banyak, jadi saya sedia insert minimal 2x jumlah pocket diapernya. Jadi kalau jumlah pocketnya 12, jumlah insertnya paling tidak 24 buah.
Jumlah insert yang banyak ini bukan supaya tiap ganti hanya ganti insert ya.. insert agak banyak agar punya cadangan jika insert yang dicuci masih basah. Karena biasanya insert butuh waktu lebih lama sampai kering dibandingkan pocketnya.

Nah, begitu saya menghitung kebutuhan clodi untuk Raasyid. Mudah-mudahan share saya berguna ya... :)

selamat berclodi-ria ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar