Minggu, 13 Februari 2011

pakai popok yang mana ya..?


ini termasuk pertanyaan favorit,hihi.. wajar banyak yang nanya, karena clodi kan investasi. Pinginnya semua clodi yang dibeli langsung cocok: cocok buat anak dan yang ga kalah penting,, cocok di kantong :p

setelah beberapa kali belanja clodi dengan berbagai merk, akhirnya saya bisa buat sedikit kesimpulan tentang bagaimana mencari clodi yang pas untuk anak saya. Ga rumit si, tapi juga ga sesimpel melihat review yang sudah ada sebelumnya, karena pada dasarnya clodi cocok-cocokan, cocok di satu bayi, belum tentu cocok di bayi lain. Performanya bisa berbeda tergantung bayinya.

Ini dia list cara memilih clodi versi saya:
1.         apakah bayi saya termasuk heavywetter?
Jika tidak, cukup pakai/beli clodi dengan 1 insert. Jika ya, sebaiknya gunakan double insert atau pilih insert yang layernya agak banyak :)

2.         apakah bayi saya berkulit sensitif?
Jika ya, mungkin ada baiknya coba clodi yang tidak memakai lapisan PUL. Bayi dengan kulit sensitif biasanya butuh sirkulasi udara lebih tinggi dibanding kawan-kawannya yang berkulit normal. PUL memang breatheable, tapi tentu jauh lebih breatheable clodi tanpa PUL kan? :)

'klo ga pake PUL bocor duong??'
tergantung bahan outer clodinya... Kalau lapisan luarnya dari bahan polar fleece, ga bocor ko. Paling cuma lembab-lembab sedikit. Kecuali memang jenis fitted diaper yang di desain ga anti bocor. Kalaupun khawatir bocor, bisa dikombinasikan dengan diaper cover :)

3.         Apakah bayi saya memiliki lingkar paha kecil/besar?
Jika jawabannya kecil, bagusnya pakai clodi dengan cutting kecil-normal. Ini penting, supaya ga bocor samping. Juga meminimalisir gesekan clodi dengan paha bayi. Berdasarkan pengalaman, kalau pakai clodi kegedean, pahanya jadi suka merah-merah akibat gesekan kain dengan kulit.

Jika jawabannya besar, sebaiknya gunakan clodi dengan cutting normal-besar. Supaya ga terlalu ketat di paha ketika dipakai. Juga supaya bisa dipakai sampai si kecil toilet training. Kalau pakai clodi yang cuttingnya kecil kan bisa-bisa keburu ga muat duluan :p

4.         Harga
Tentu ini juga menjadi patokan dalam membeli clodi. Makin mahal makin bagus sepertinya ga bisa jadi patokan dalam pilih clodi, soalnya bagus itu relatif sih... Sangat mungkin lho anak kita ga cocok pakai clodi mahal karena misalnya cuttingnya kegedean, dll.

Jadi kuncinya, baca spesifikasi produk, cocokkan dengan kebutuhan bayi dan orangtua, terakhir,, dicoba deh!
Soalnya ga akan tau cocok/ga-nya kalau ga dicobain, hehehe :)

Selamat memilih clodi! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar